Data digital adalah rangkaian bit-bit yang merepresentasikan pesan sehingga dapat di transmisikan dengan menggunakan beragam bentuk pulsa. Pulsa-pulsa yang merambat di saluran komunikasi ini seringkali disebut juga kode saluran, kode kanal, atau kode transmisi (line code). Pada gambar dibawah memperlihatkan beberapa format sinyal digital (pulsa) yang dapat digunakan untuk mentransmisikan data biner 1010110010

 

 

NRZ Unipolar (Non-Return-to-Zero)

Simbol 1 direpresentasikan oleh sebuah pulsa yang memiliki amplitudo konstan di sepanjang waktu durasi bit, sedangkan simbol 0 direpresentasikan oleh ketiadaan pulsa (amplitudo pulsa nol). Istilah NRZ (non-return-zero) mengindikasikan bahwa di dalam skema ini nilai pulsa dipertahankan tetap atau tidak kembali ke nol, selama durasi bit.

NRZ Bipolar

Simbol 1 maupun 0 direpresentasikan oleh sebuah pulsa yang memiliki amplitudo konstan dan sama besarnya, namun berkebalikan polaritas (positif untuk 1 dan negatif untuk 0, atau sebaliknya). Sebagaimana halnya skema NRZ unipolar, amplitudo pulsa dipertahankan konstan di sepanjang durasi bit.

RZ Unipolar (Return-to-Zero)

Simbol 1 direpresentasikan oleh sebuah pulsa yang amplitudonya bertahan konstan untuk beberapa lama dan kembali ke nol sesaat sebelum durasi bit berakhir, sedangkan 0 direpresentasikan oleh ketiadaan pulsa.

RZ Bipolar

Pulsa-pulsa dengan amplitudo yang sama besar namun berlawanan polaritas digunakan untuk merepresentasikan simbol 1 dan simbol 0. Seperti halnya semua skema RZ, tiap-tiap pulsa akan kembali ke nol beberapa saat sebelum durasi bit berakhir, setelah bertahan konstan amplitudonya untuk beberapa waktu.

Return-to-Zero AMI (Alternate Mark Inverse)

Pulsa-pulsa positif dan negatif akan digunakan secara bergantian (alternately) untuk simbol-simbol 1, sedangkan simbol-simbol 0 direpresentasikan oleh ketiadaan pulsa, Seperti halnya semua skema RZ, tiap-tiap pulsa akan kembali ke nol beberapa saat sebelum durasi bit berakhir, setelah bertahan konstan untuk beberapa waktu.

Manchester Code

Simbol 1 direpresentasikan oleh sebuah pulsa positif yang diikuti oleh sebuah pulsa negatif, di mana masing-masing dari kedua pulsa ini memiliki amplitudo yang sama dan panjangnya setengah durasi bit, untuk simbol 0, polaritas dari pasangan pulsa ini dibalik.

 

Referensi :

[1]. Wikipedia _ Line Code

[2] Komunikasi Analog dan Digital _Hwei Hsu