Delay spread dapat menyebabkan terjadinya intersymbol interference (ISI). ISI dapat menyebabkan error floor ketika simbol time modulasi sama dengan kanal delay spreadnya. Definisi equalization adalah teknik prosesan sinyal pada transmitter untuk membuat sinyal lebih kuat terhadap delay spread. mitigasi ISI membutuhkan modulasi simbol time T_{s} berdasarkan kanal delay spread rms \sigma _{T_{m}}. Sebagai contoh, telepon cordless yang secara umum bekerja pada lingkungan indoor, dimana delay spread kecil. Suara yang dikirimkan juga relatif hanya membutuhkan data rate kecil, equalization untuk kasus ini belum dibutuhkan. Sementara, untuk teknologi digital selular dewasa ini yang didesain untuk kebutuhan outdoor, dimana \sigma _{T_{m}}\approx T_{s}, sehingga equalization dibutuhkan. Aplikasi yang membutuhkan data rate yang tinggi lebih sensitif terhadap delay spread, dan membutuhkan equlization dengan performa yang tinggi atau dengan menggunakan teknik mitigasi ISI. Faktanya, mitigasi pengaruh delay spread merupakan tantangan yang besar untuk komunikasi nirkabel dengan data rate yang tinggi.
Desain equaliser harus seimbang antara mitigasi ISI dengan noise enhancement, yang berakibat pada peningkatan noise power. Nonlinier equaliser lebih tahan terhadap noise enchancement daripada linier equaliser, tapi model ini lebih kompleks. Equaliser harus mempunyai estimasi kanal impulse atau respon frekuensi untuk mitigasi hasil dari ISI. Ketika kanal wireless memiliki menggunakan waktu (time), maka equaliser hari belajar dari frekuesensi atau respon impuls dari kanal (training) dan mengupdate estimasi dari respon frekuensi dari kanal yang mengalami perubahan (tracking). Proses training dan tracking equaliser menjadi sering dijadikan acuan dari equaliser adaptif, sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan kanal. Model ini cukup sulit jika kanal berubah dengan sangat cepat.
Equaliser dapat diimplementasikan pada baseband, RF atau IF. Sebagian besar diimplementasikan secara digital setelah konversi A/D, sehingga filter menjadi murah, kecil, dan efisiensi power.