Pendahuluan

Jaringan listrik merupakan jaringan yang hampir ada dimana-mana, hampir setiap rumah tangga yang ada didunia memiliki saluran listrik, sehingga perangkat terminal komunikasi seperti komputer, tv, hp dapat memiliki energi untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Atas dasar itu PLC menjadi area penelitian yang sangat menarik, sebenarnya para engineer komunikasi menciptakan untuk PLC untuk menjadikan konsep smart home, sehingga perangkat komputer dan lainnya dapat saling terhubung dengan transmisi listrik.  Lebih dari itu, PLC mampu mengirimkan informasi berupa multimedia yang berkualitas dengan kecepatan hampir 300 mbps, sehingga teknologi ini menjadi pelengkap dan bukan bersaing dengan teknologi home networking lainnya (wired dan wireless).

Pengertian

Powerline Communication adalah komunikasi dengan menggunakan kabel listrik, sistem membawa data pada konduktor yang juga digunakan transmisi tenaga listrik, sehingga jaringan listrik selain berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi pembawa data.

PLC yang berada dipasaran hanya diperuntukkan untuk konsumsi rumah tangga, sehingga komunikasi hanya dapat berjalan dengan menggunakan 1 MCB yang sama, untuk dapat berkomunikasi satu rumah dengan rumah yang lain membutuhkan filter tambahan lagi pada trafo atau MCB pusatnya.

Sebagai catatan PLC merupakan sebagai media pengganti dari teknologi yang sudah ada seperti wired dan wireless, jadi PLC bukan sebagai sumber data atau sumber yang mampu menghasilkan internet.

Gambar Penggunaan PLC pada Smart Home

Merupakan gambaran tentang penggunaan PLC pada lingkungan perumahan, pada gambar terlihat bahwa dengan menggunakan PLC mampu mengirimkan informasi pada lantai atas, ini yang tidak mampu ketika menggunakan wireless yang terhalang oleh tembok yang tebal, dan kabel yang membutuhkan kabel yang panjang serta pemasangan yang kompleks.

Gambar Perangkat Powerline Communication

PLC memiliki beragam bentuk dan jenis, pada umumnya PLC memiliki sepasang antara node awal dengan node akhir.

memiliki 2 port yaitu socket listrik dan port RJ-45, bahkan teknologi sekarang ada yang sudah support untuk wireless.

 

Kanal Model PLC

 

Fungsi kanal transfer dapat diturunkan menjadi

\tiny H(f)=\sum_{N}^{i=1}g_{i}.A(f,d_{i}).e^{-j2\pi f\tau _{i}}

Dimana, N merupakan banyaknya path, \tiny g_{i} adalah faktor pembobotan dengan mengubah amplitudo, \tiny A(f,d_{i}) adalah atenuasi dengan dependensi dari frekuensi dan panjang propagasi, dan \tiny e^{-j2\pi f\tau _{i}} adalah fase yang berbasis delay terhadap waktu dengan jalur yang digunakan i. Pada delay waktu dapat didefinisikan menjadi :

\tiny \tau _{i}=\frac{d_{i}}{v_{p}}=\frac{d_{i}\sqrt{\epsilon _{r}}}{c_{0}}

dimana, \tiny \epsilon _{r} adalah konstanta dielektrik, \tiny c _{0} adalah kecepatan cahaya pada kondisi vakum.

Gambaran Umum Kanal Model PLC

 

 

Referensi :

[1]  Survey on Indoor Power Line Communication Channel Modeling

[2] Wikipedia _ PLC