Kategori
Security

PPPoE

PPPoE kepanjangan dari Point to Point to Protocol over Ethernet, merupakan bagian dari PPP yang memungkinkan kita menggunakan protokol Layer 2 PPP pada jaringan yang masih menggunakan teknologi Ethernet, jadi protokol PPP di bungkus (encapsulation) dalam Ethernet, karena biasanya PPP hanya dapat digunakan pada jenis jenis interface tertentu seperti Serial, dll.

Dengan PPPoE kita dapat membentuk koneksi Point to Point antara Router dengan Router atau PC, meskipun secara fisik topologi Ethernetnya berbentuk multipoint. PPPoE dapat melakukan enkripsi, authentication, dan compression seperti pada PPP.

Kelebihan menggunakan PPPoE

Ada beberapa kelebihan ketika kita menerapkan PPPoE pada jaringan, seperti contohnya dalam hal keamanan, karena koneksi yang terbentuk hanya point to point (hanya 2 perangkat) pihak ketiga tidak dapat memasuki koneksi tersebut untuk melakukan penyerangan.

PPPoE dapat melakukan enkripsi untuk mengamankan setiap isi data yang akan dikirimkan sehingga terjaga kerahasiaannya, PPPoE melakukan authentication agar setiap data yang dikirimkan sampai pada tujuan yang dimaksud, bukan pihak ketiga atau penyerang lainnya.

PPPoE biasanya digunakan di ISP untuk menghubungkan Client atau customer melalui ADSL.

Ref : [1]