Kategori
Pemrograman

Pengenalan Internet & Dasar Pemrograman Web

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Melalui proyek ARPA yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) tahun 1969, komputer yang berbasis UNIX, yang bisa melakukan komunikasi dalam jarak jauh melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Tahun 1980.

Singkatan Internet

  1. INTERnational NETworking : merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
  2. INTERconnected NETworking : sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

Pengertian Internet

  • Allan (2005) : Menurut Allan, Pengertian Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP). Protokol juga memiliki definisi lebih lanjut menurut Allan merupakan sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer dapat berinteraksi satu sama lainnya.
  • Turban, Rainer, Potter (2005) : Menurut Turban, Rainer, Potter Internet adalah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.
  • Supriyanto (2006) : Menurut Supriyanto, Internet memiliki arti yaitu suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda. Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam melakukan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control / Internet Protocol).

Server dan Client

Dalam dunia internet selalu terdapat dua sisi yang saling mendukung, yaitu:

  • Server -> penyedia berbagai layanan termasuk web. Layanan web ditangani oleh sebuah aplikasi bernama web server.
  • Client -> bertugas mengakses informasi yang disediakan oleh server. Pada layanan web, client dapat berupa web browser.

Fasilitas Awal Internet

WWW

World Wide Web atau yang sering disingkat dengan WWW merupakan sebuah sistem yang terdapat pada internet dan bertugas melakukan pencarian sekaligus pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.

Untuk membuat hypertext, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang disebut Hyper Text Markup Language (HTML).

HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen yang biasanya ber-extention *.htm atau *.html.

Untuk mengirimkan file tersebut, diperlukan peran dari protokol pengiriman data yang spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Selain itu, untuk menemukan setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator (URL).

Email

Email merupakan surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima antar pengguna komputer.

Email memungkinkan seorang individu mengirimkan pesan ke individu lainnya dengan waktu yang cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Saat ini perkembangan email sangatlah pesat, email tidak hanya berisi teks saja. Kita bisa melampirkan file multimedia seperti gambar, foto, video bahkan animasi.

Mailing List

Mailing List atau yang sering disebut dengan milis merupakan salah satu discussion group yang terdapat pada internet.

Untuk menjadi anggota sebuah milis, kita terlebih dahulu mengirimkan email ke subsription address dan menunggu persetujuan dari moderator milis tersebut. Biasanya, anggota dari milis saling bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya.

BBS

Bulletin Board System atau yang biasa disingkat BBS merupakan suatu pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai bidang tertentu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain-lain.

Dengan menggunakan fasilitas ini, pengguna dapat bertukar pikiran dengan pengguna lainnya pada topik tertentu.

Biasanya, pengguna yang mengakses BBS dapat mengunggah maupun mengunduh berita dari pengguna lain dengan mudah.

Chatting

Chatting merupakan percakapan antara dua atau lebih pengguna komputer secara realtime dengan memanfaatkan jaringan internet.

Bagi pengguna komputer yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan webcam, maka mereka dapat chatting dengan melihat wajah pengguna lain yang di ajak chatting tersebut.

Newsgroup

Setelah membaca artikel berikut, saya harap pengetahuan anda mengenai internet menjadi internet. Untuk mengakses suatu newsgrup, diperlukan jaringan komputer khusus yang biasa disebut UseNet.

Umumnya, setiap newsgroup di atur berdasarkan satu topik umum yang kemudian dibagi menjadi beberapa sub topik dibawahnya.

FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet.

Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.

FTP umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.

Gopher

Gopher merupakan protokol layer aplikasi TCP/ IP yang dirancang khusus untuk keperluan distribusi, pencarian, maupun pengambilan dokumen melalui jaringan internet.

Syarat Terhubung Internet

  • Modem
  • Telepon
  • Software
  • Intenet Service Provider

Istilah Internet

  • WEB SITE; Tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan dikemas.
  • HOMEPAGE; Istilah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses.
  • URL (Universal Resource Locator); Alamat yang unik dan khas setiap halaman dan situs dalam WWW. Bentuk dasar: [protocol://hostname/[path/[filename]]
  • Contoh  http://www.telkomuniversity.ac.id/d3tt/indext.htm
  • Domain Name System (DNS); Identifikasi sebuah situs  Istilah yang umum digunakan adalah URL : http://telkomuniversity.ac.id,   Subdomain: http://dte.telkomuniversity.ac.id
  • Hosting (Web Hosting): tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet.

Top-level domain

Top-level domain adalah bagian akhir dari nama domain, elemen ini berada setelah tanda titik atau dot terakhir pada domain. Karena top-level domain ini berada pada akhir nama domain, ini disebut juga dengan domain suffix.

Nama domain yang memiliki second dan top-level domain disebut dengan Fully Qualified Domain Name (FQDN). Contoh dari nama domain sub.example.com. sub – adalah subdomain, example – adalah mid-level domain, .com – adalah top-level domain

Jenis TLD

  • Generic Top-level Domain: gTLD
    1. .com  – untuk situs komersial
    2. .org  – untuk organisasi
    3. .net  – untuk network (jaringan)
  • Sponsored Top-level Domain: sTLD
    1. .gov  – untuk situs pemerintahan AS
    2. .edu  – untuk institusi pendidikan
    3. .int  – untuk tujuan yang terkait dengan organisasi perjanjian internasional
  • Country Code Top-level Domain: ccTLD
    1. .es  – Spanyol
    2. .ru  – Rusia
    3. .us  – Amerika Serikat
  • Infrastructure Top-level Domain
    • ARPA adalah satu-satunya infrastructure top-level domain yang ada.

Tujuan : Karena top-level domain dikategorikan berdasarkan apa yang berhubungan dengan situs tersebut, maka top-level domain dapat digunakan untuk mengidentifikasi tujuan, pemilik, atau lokasi geografis situs web tanpa harus melihat konten situs web.

Misalnya, TLD .edu menunjukkan bahwa situs web digunakan untuk tujuan pendidikan atau dimiliki oleh lembaga pendidikan.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah beberapa situs web dapat memiliki nama yang sama tetapi top-level domainnya berbeda. Jadi, dapat dikatakan bahwa “contoh.com” tidak sama dengan “contoh.edu“.

Fungsi dan Tujuan Internet

  • Memudahkan untuk mengakses Informasi : Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, jika dulu kita sering sekali mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang, kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet dimanapun dan kapanpun.
  • Memudahkan Komunikasi : Jika dulu kita ingin berkomunikasi dengan teman ataupun teman yang berbeda negara ataupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, kini dengan internet kita dapat berkomunikasi setiap saat.
  • Memudahkan dalam Pekerjaan : Perusahaan banyak menggunakan Internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien. Dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

Manfaat Internet

  • Manfaat Internet untuk Bisnis : Sudah tidak asing lagi kata Belanja Online dalam kehidupan sehari -hari. Mulai dari pelaku bisnis yaitu penjual yang tidak harus memiliki toko ataupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainka cukup mendaftar tokonya ke media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang d inginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang di inginkan.
  • Manfaat Internet untuk Belajar : Internet dengan metode belajar online memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang di inginkan secara otodidak. Untuk media pembelajaran online mulai dari matematika hingga Bahasa inggris dan pelajaran lainnya dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet. Misalnya :, e – learning, tutorial, hingga kursus juga ditawarkan diberbagai media.
  • Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan : Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat, sering kali internet kita gunakan untuk mencari hiburan seperti : youtube, facebook, maupun Instagram.  Sarana seperti ini bisa kita gunakan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.

Dampak Negatif

  • Terjadinya Cyber bulliying
  • Perilaku negatif dan konten yang tidak baik untuk dilihat
  • Maraknya isu Hoax dan penyebaran Hoax
  • Adanya Cyber Crime yaitu kejahatan internet misalnya penipuan
  • Budaya asli mulai ditinggalkan

Pengenalan Web

Sejarah

  • Hypertext [Bush 1945, Nelson 1960’s], Awal ’90-an, Tim Berners-Lee, sarjana fisika pada riset Nuklir Swiss (CERN) menciptakan HyperText Markup Language (HTML) dan Browser teks pertama: Lynx.
  • Pada saat ini Berners-Lee memimpin WWW Consorsium (W3C) lembaga yang menyusun standardisasi HTML dan dokumen web.
  • Tahun 1993: Browser grafis pertama: Mosaic dibuat oleh Andressen dan Eric Bina (mahasiswa University of Illinois)
  • Tahun 1994: Andressen kemudian bekerja untuk Netscape, dan membuat Netscape Navigator, browser grafis populer pertama
  • Tahun 1995: Microsoft membuat Internet Explorer •Pada saat ini Browser yang digunakan adalah: Mozilla FireFox, Opera, dll.

Pengertian Pemrograman Web

Berdasarkan struktur katanya, maka pemrograman web terdiri dari dua kata, yaitu pemrograman yang artinya adalah sekumpulan perintah yang diciptakan oleh manusia agar bisa membantu manusia lainnya untuk menghasilkan program. Sementara itu web diartikan sebagai sumber informasi yang dapat diakses hanya dengan menggunakan jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

Bentuk informasi yang berasal dari web itu bermacam-macam, mulai dari teks, gambar, audio, video hingga animasi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pemrograman web adalah instruksi untuk dapat menghasilkan program atau situs web yang bisa ditampilkan dengan menggunakan browser melalui jaringan internet.

Website ini merupakan website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya dengan tampilannya selalu tetap dan tidak terkoneksi dengan database.(jika tidak di-update). Website ini hanya memungkinkan user untuk melihat isi dan informasi website tersebut tanpa bisa melakukan interaksi. Yang bisa dilakukan user hanyalah mengklik image dan link yang ada untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Website ini biasanya hanya berisi tag-tag HTML murni, CSS dan java script sebagai scripting language-nya.

Web Version

  • Web 1.0 : Sesuai namanya, web 1.0 ini adalah teknologi web generasi pertama. Teknologi website ini secara umum dirancang dan dikembangkan agar dapat memudahkan akses informasi serta bersifat sedikit interaktif. Umumnya, website belanja online dan website berita online akan masuk ke dalam kategori teknologi web generasi pertama ini.
  • Web 2.0 : Teknologi web generasi kedua ini mengutamakan fitur berbagi informasi secara online. Salah satu unsur utama pada teknologi web generasi kedua ini adalah aplikasi yang dapat mengeksploitasi efek jaringan agar bisa mendapatkan lebih banyak pengguna aplikasi tersebut. Umumnya, website jejaring sosial yang memang sifatnya lebih interaktif antara para pengguna website tersebut menggunakan teknologi web generasi kedua ini.
  • Web 3.0 / Semantic Web : Teknologi web generasi ketiga ini sebenarnya masih dalam perdebatan, sebab pengertian dari teknologi web ini masih beragam, ada yang berpendapat bahwa teknologi web 3.0 ini adalah layanan akses broadband secara mobile hingga layanan web yang isinya adalah perangkat lunak dengan sifat on-demand. Teknologi web 3.0 ini juga ada yang menyebutnya dengan istilah semantic web ini juga dikenal sebagai teknologi web yang bukan hanya memiliki isi web yang dapat dimengerti manusia namun juga dapat diinterpretasikan oleh software sehingga proses pengintegrasian informasi akan terasa lebih mudah. Ada sejumlah standar yang digunakan untuk membangun semantic web, diantaranya seperti XML, XML Schema, RDF, OWL dan SPAROL.

Letak perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0 yaitu :

  1. Perilaku pengguna Membaca Menulis
  2. Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas
  3. Hubungan dengan server Client-server Peer to peer
  4. Bahasa pemrograman penampil konten HTML XML
  5. Pola hubungan penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif
  6. Pengelolaan konten Taksonomi/direktori Folksonomi/penanda/tag
  7. Penayangan berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi
  8. Hubungan antar pengakses Tidak ada Berjejaring
  9. Sumber konten Penerbit/pemilik situs Pengguna.

Jenis Pemrograman Web Dasar

HTML : Salah satu jenis pemrograman web adalah HTML yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language, sebuah bahasa pemrograman standar yang berfungsi untuk membuat halaman website agar dapat diakses dan menampilkan berbagai jenis konten lewat perantara browser internet. Selain itu, HTML juga berfungsi sebagai penghubung antara website yang satu dengan yang lainnya, file yang satu dengan yang lainnya dalam website internet ataupun dalam sebuah komputer melalui localhost. HTML juga bisa dibilang sebagai inti dari halaman sebuah website sehingga tidak mengherankan jika Anda ingin menjadi programmer maka Anda terlebih dahulu harus belajar tentang HTML. Namun, tidak perlu khawatir sebab jenis pemrograman web yang satu ini termasuk cukup mudah untuk dipelajari, asalkan Anda memang sebelumnya sudah paham terhadap cara menggunakan browser internet.

CSS : Berbicara tentang CSS (Cascading Style Sheet) maka tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya desain pada sebuah website. CSS adalah jenis pemrograman web yang dapat mengatur beberapa komponen dalam sebuah website agar bisa terlihat seragam dan tentunya lebih terstruktur. Jika Anda memahami cara kerja CSS maka Anda dapat membuat tampilan website yang terlihat rapi dan terstruktur sesuai dengan apa yang Anda inginkan dalam sebuah website. Hampir sama dengan HTML, jenis pemrograman web CSS ini juga masuk dalam kategori sederhana sehingga mudah untuk dipelajari. Sebagian orang bahkan menganggap bahwa HTML dan CSS ini sebenarnya bukan termasuk jenis pemrograman web sebab hanya terdiri dari instruksi sederhana sehingga ada yang menyebutnya sebagai bahasa kode saja.

PHP : Beralih ke PHP yang merupakan singkatan dari Hyper Text Preprocessor yang merupakan bahasa script seperti yang dapat disisipkan dalam HTML. Sejumlah orang menganggap bahwa PHP merupakan jenis pemrograman web yang sesungguhnya karena dianggap murni menggunakan bahasa pemrograman komputer. Fungsi dari PHP ini biasanya dimanfaatkan untuk mendesain program dalam sebuah website, misalnya untuk mengatur alur logika, melakukan pemrosesan hasil form HTML dan juga sebagai penghubung dengan database seperti MySQL. Umumnya, website yang dibangun dengan jenis pemrograman web adalah website yang memiliki banyak fitur misalnya seperti website portal berita yang biasanya 80% dari website tersebut dibangun menggunakan kode PHP. Jika Anda ingin menguasai jenis pemrograman web ini, maka Anda sebaiknya perlu mempelajari terlebih dahulu beragam materi yang termasuk dalam jenis pemrograman web dasar.

MySQL : MySQL merupakan salah satu jenis pemrograman web yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data atau yang lebih dikenal sebagai database. Sistem manajemen berbasis data SQL ini adalah software yang multi thread serta multi user. Dibanding dengan database server lainnya, MySQL adalah database server yang paling banyak penggunanya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari MySQL ini maka Anda akan perlu mempelajari sejumlah materi dasar diantaranya seperti, Select, Insert, Update, Delete, dll. Sementara itu, untuk berbagai jenis materi tingkat lanjut yang perlu dipelajari diantaranya seperti View, Stored Procedure, dan Trigger.

JavaScript : Bila Anda ingin lengkap belajar tentang pemrograman web, maka JavaScript ini juga tidak kalah penting untuk dipelajari. Jenis pemrograman web ini juga termasuk dalam bahasa pemrograman murni yang biasanya dimanfaatkan untuk mendesain halaman website yang lebih interaktif hingga dapat pula digunakan untuk membuat game online berbasis web termasuk animasi.

Ref : [1][2][3][4][5]