Kategori
Telekomunikasi

Bahasa Pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan bahwa bahasa pemrograman adalah “sistem kata atau simbol yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan komputer, terutama untuk memasukkan instruksi-instruksi komputer melalui kata-kata yang mudah dipahami, dan kemudian diterjemahkan ke dalam kode mesin”.

Model Pemrograman

  1. Structural Model Pemrograman yang pertama yaitu Structural atau dalam bahasa Indonesianya yaitu terstruktur. Dikatakan terstruktur karena model pemrograman ini berisi suatu aktivitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Inti dari Model Pemrograman Terstruktur yaitu terdapat Function (fungsi) dan  Procedure (Prosedur). Contohnya Pascal, C, Delphi, dll.
  2. Object Oriented Model Pemrograman yang kedua yaitu Object Oriented atau sering disingkat dengan OOP (Object Oriented Programing). OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Di dalam OOP, seluruh data dan fungsi di dalamnya disatukan dalam kelas-kelas atau objek-objek. Objek-objek inilah nanti yang bisa menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Contohnya Java, Python, PHP, dll.

Generasi

Generasi ke-1: machine languageGenerasi ke-2: assembly language: AssemblerGenerasi ke-3: high level programming language, contoh: C dan PascalGenerasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language), contoh: SQLGenerasi ke-5: Programming Language Based Object Oriented & Web Development

Platform 

  1. Desktop, jenis bahasa pemrograman ini hanya bisa berjalan di komputer atau laptop, seperti Visual Basic, C++/C#, Java SE, dan lain-lain.
  2. Web, bahasa pemrograman ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu bahasa pemrograman yang berjalan di server dan bahasa pemrograman yang berjalan di klien (browser). Kedua jenis bahasa ini saling berkomunikasi menggunakan jaringan internet. Kebanyakan programmer menyebut bahasa pemrograman yang berjalan di server dengan sebutan back-end sedangkan bahasa pemrograman yang berjalan di klien disebut dengan front-end. Contoh bahasa pemrograman back-end, yaitu: PHP, Ruby, Java EE, dan lain-lain. Contoh untuk bahasa pemrograman front-end, yaitu Javascript.
  3. Mobile, bahasa yang dijalankan di perangkat mobile, jenis bahasa pemrograman ini terus berkembang selaras dengan kemudahan dan optimasi tampilan grafiknya. Bahasa pemrograman ini ada berbagai jenis tergantung pada sistem operasi yang digunakan, misalkan untuk Android menggunakan bahasa Android (pengembangan dari Java ME), iOS menggunakan Objective-C dan Swift, dan Windows Mobile menggunakan Visual C++, C#, Visual Basic, .Net. (Pyroid3, Python Technologies).

Peranan Bahasa Pemrograman

  • Jaringan Komputer : Socket Programming (C, Java, Python)
  • DataBase : DBC (Java ODBC, Python, dll)
  • Internet of Thing
  • Cloud Computing (Platform as a Service)
  • Intelligent Transportation System
  • Parallel Computing (C)
  • Bio Informatika, E-health, dll

Struktur Kode Pemrograman

Contoh Programming Languages

  • Python
  • Visual Basic
  • Pascal
  • Java
  • Javascript
  • C
  • C++
  • C#
  • PHP
  • Delphi
  • etc

Pengenalan Python

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum .Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop) , Aplikasi Mobile , Web , IoT, Game , Program untuk Hacking, dsb.Python juga dikenal dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, karena struktur sintaknya rapi dan mudah dipahami.Python bagus untuk pemula yang belum pernah coding

Kenapa belajar Python?

Python adalah bahasa pemrograman yang populer. Python relatif lebih mudah dipelajari dan digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lain. Sintaksnya sederhana, mudah dibaca dan diingat karena filosofi python sendiri menekankan pada aspek kemudahan dibaca (readibility). Kode python mudah ditulis dan mudah dibaca, sehingga lebih mudah diperbaiki kalau ada kesalahan, dan juga mudah untuk dipelihara.Selain lebih mudah dibaca, python juga lebih efisien dibandingkan bahasa lain seperti C, C++, maupun Java. Untuk melakukan sesuatu dengan 5 baris kode pada bahasa lain, bisa jadi di python hanya diperlukan 1 baris kode. Hal ini menyebabkan pembuatan program dalam Python menjadi lebih ringkas dan lebih cepat dibandingkan bahasa lain.Python merupakan bahasa multifungsi. Dengan python Anda bisa melakukan berbagai hal mulai dari memproses teks, membuat website, membuat program jaringan, robotika, data mining, sampai dengan kecerdasan buatan. Dengan python Anda bisa membuat aplikasi berbasis desktop maupun berbasis smartphone.Python kaya akan dukungan library (pustaka) standar. Tersedia banyak sekali modul-modul dan ekstensi program yang sudah siap Anda pakai untuk membuat program sesuai kebutuhan Anda. Komunitas python adalah komunitas yang sangat aktif mengembangkan python sehingga menjadi bahasa yang sangat handal.Python bisa berinteraksi dengan bahasa lain. Kode python bisa memanggil oleh bahasa C, C++, dan sebaliknya juga bisa dipanggil dari bahasa lain.

Sejarah Python

Python diciptakan oleh Guido van Rossum pertama kali di  Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda pada awal tahun 1990-an. Bahasa python terinspirasi dari bahasa pemrograman ABC. Sampai sekarang, Guido masih menjadi penulis utama untuk python, meskipun bersifat open source sehingga ribuan orang juga berkontribusi dalam mengembangkannya.Di tahun 1995, Guido melanjutkan pembuatan python di Corporation for National Research Initiative (CNRI) di Virginia Amerika, di mana dia merilis beberapa versi dari python.Pada Mei 2000, Guido dan tim Python pindah ke BeOpen.com dan membentuk tim BeOpen PythonLabs. Di bulan Oktober pada tahun yang sama, tim python pindah ke Digital Creation (sekarang menjadi Perusahaan Zope). Pada tahun 2001, dibentuklah Organisasi Python yaitu Python Software Foundation (PSF). PSF merupakan organisasi nirlaba yang dibuat khusus untuk semua hal yang berkaitan dengan hak intelektual Python. Perusahaan Zope menjadi anggota sponsor dari PSF.Semua versi python yang dirilis bersifat open source. Dalam sejarahnya, hampir semua rilis python menggunakan lisensi GFL-compatible. Nama python berasal dari grup komedi Inggris bernama Monty Python’s Flying Circus. Bukan dari Ular Python

Python Version

Modules dan Packages

  • numpy
  • Math
  • Matplotlib
  • Random
  • Sympy
  • Timeit
  • Sys
  • etc

Aplikasi Python

Pengguna Python

Google adalah perusahaan besar yang menggunakan banyak kode Python di dalam mesin pencarinya. Dan mesin pencari google adalah yang paling terkenal di dunia.Youtube, situs video terbesar dan terpopuler di dunia, sebagian besar kodenya ditulis dalam bahasa Python.Facebook, media sosial terbesar di dunia, menggunakan Tornado, sebuah framework Python untuk menampilkan timeline.Instagram, siapa yang tidak kenal. Instagram menggunakan Django, framework python sebagai mesin pengolah sisi server dari aplikasinya.Pinterest, banyak menggunakan python untuk membangun aplikasinya.Dropbox, barangkali Anda adalah salah seorang pengguna layanan ini. Dropbox menggunakan python baik di sisi server maupun di sisi pengguna layanannya.Quora, salah satu situs tanya jawab terbesar di dunia, dibangun menggunakan Python.NASA, badan antariksa Amerika ini menggunakan Python untuk bidang sainsnya.NSA, badan mata – mata Amerika banyak menggunakan Python untuk analisa kriptografi dan intelijen.Industrial Light & Magic, Pixar, banyak menggunakan Python dalam animasi movie.Blender, Maya, software pembuat animasi 3D terkenal, menggunakan Python sebagai salah satu bahasa skrip pemrogramannya.Raspberry Pi, komputer mini yang banyak digunakan sebagai mikrokontroller, menggunakan Python sebagai bahasa utamanya.ESRI, produsen terkenal pembuat software pemetaan GIS banyak menggunakan Python di produknya.

Memilih Bahasa Pemrograman yang Tepat

Tips-tips Memilih Bahasa Pemrograman

  • Tentukan tujuan belajar
  • Siapkan mental untuk belajar (coding is fun, coding is hard but rewarding)
  • Pilih Bahasa pemrograman
  • Mencari sumber belajar
  • Buat sesuatu dari hasil belajar
  • Belajar membaca dokumentasi teknis
  • Belajar menghadapi error yang didapatkan
  • Cari teman seperjuangan
  • Bergabung dengan komunitas
  • Kembalikan ilmu yang sudah didapatkan

Referensi : [1][2][3][4][5][6]