Kategori
Multimedia

Dasar Multimedia

Sejarah

Istilah multimedia berawal dari theater, bukan pada dunia komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. 

Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia di pasaran. Citra visual dapat dimasukkan ke dalam sistem dari paket perangkat lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon, pita kaset dan compact disk. Lewat tahun 70-an pengguna mikro komputer telah dapat mambantu menjelaskan masalah-masalah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer juga dapat menyebarkan informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna komputer dan komputer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Ini menunjukan evolusi dan perkembangan penciptaan teknologi komputer multimedia.

Definisi Multimedia

Multi = banyak

Medium (Latin) = Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu

[American Heritage Electronic Dictionary, 1991] Definisi multimedia adalah suatu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.

Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multimedia berarti banyak media(berbagai macam media). Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video

Komponen Multimedia

Definisi Menurut Ahli Tentang Multimedia

  • Steinmetz, 1995 : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  • McComick, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
  • Rosch, 1996 : Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
  • Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
  • Turban, dkk, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
  • Vaughan, 2004 : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

Kategori Multimedia

Multimedia non-interaktif

Multimedia interaktif

Dimana Multimedia Digunakan

  • Multimedia For Home : Untuk berkebun, memasak, desain rumah, interaktif TV  seperti Nintendo Wii, X-box, or Sony PlayStation.
  • Multimedia For School : Presentasi, Elearning, Video Conference, Manipulasi Gambar, dll
  • Multimedia For Business : Untuk Training, Marketing, Advertising, Product Demos, Databases, Catalog, dll
  • Multimedia For Public : Pesan Hotel, Kereta Api, Belanja Online, Museum, Perpustakaan, Sayur-sayuran

Komunikasi Multimedia

  • CD-ROM, DVD, Flash Drives •Old Tech : Disket, HDD (Hard disk Drive) •New Tech : SSD (Solid State Drive)
  • The Broadband Internet : UTP, Optik, VLC
  • Broadcast : Basis Kabel, Satelit, Digital Video Broadcasting (DVB)

Software Multimedia

Hypermedia

Hypermedia merupakan perpanjangan logis dari istilah hypertext di mana teks, grafis, video, audio biasa dan hyperlink untuk menciptakan umumnya non-linear media informasi. Hal tersebut kontras dengan istilah multimedia yang merupakan istilah yang lebih luas, yang mampu digunakan untuk menjelaskan presentasi non-interaktif linier serta hypermedia.

Nonlinear Multimedia

Contoh Hypermedia adalah World Wide Web, sedangkan contoh dari multimedia standar adalah presentasi bioskop non-interaktif, alasannya karena tidak adanya hyperlink.

Hypertext VS Hypermedia
Multimedia VS Hypermedia

Fungsi Hypermedia

  • Untuk bergerak dalam serangkaian informasi tanpa harus melalui struktur yang telah ditetapkan.
  • Untuk browsing (pengguna dapat browsing, bernavigasi melalui informasi dengan memilih rute yang menarik).
  • Untuk link (pengguna bisa membuat link atau koneksi mereka sendiri dengan sebuah informasi).
  • Untuk authoring (pengguna bisa membuat atau menulis, koleksi informasi khusus mereka sendiri, dengan cara menghubungkan atau menambahkan teks, grafik, serta audio yang mereka inginkan.

Kelebihan Hypermedia

  • Hypermedia dapat memungkinkan mengakses ke sebagian besar informasi secara non linear.
  • Pengguna bisa mencari informasi sesuai dengan keinginannya secara lebih mendalam.
  • Interaksi dengan materi pembelajaran bisa diulang-ulang.
  • Hypermedia dapat mempresentasikan cara kerja pikiran manusia.
  • Hypermedia menarik untuk digunakan.

Format File

Format file adalah cara standar agar informasi dikodekan untuk penyimpanan dalam file komputer. Ini menentukan bagaimana bit digunakan untuk menyandikan informasi dalam media penyimpanan digital. Format file dapat berupa kepemilikan atau gratis dan mungkin tidak dipublikasikan atau terbuka/open source.

  • Audio Formats : wave files (wav), MPEG Layer-3 files (mp3), AIFF (Audio Interchange File Format). •Streaming audio formats include Windows Media Audio/Active Streaming Format (ASF), QuickTime, RealAudio, and MP3
  • Video Format : AVI (Audio Video Interleave), MPEG (Moving Picture Expert Group), QuickTime (MOV).
  • Image File Format : Joint Photographic Experts Group (JPEG – .jpg), PDF (Portable Document Format), GIF (Graphics Interchange Format), TIFF (Temporary Instruction File Format)

Multimedia Skill

  • Project Manager (Executive Producer, Creative Director, Art Director)
  • Multimedia Designer (Interface Designer, Visual Designer)
  • Video Specialist (Video Producer, Animator 2D/3D)
  • Audio Specialist (Sound Producer, Music Composer)
  • Multimedia Programmer (Game Designer, HTML Coder)
  • Writer (Scriptwriter)

Topik Riset dan Proyek Multimedia

Bagi peneliti, multimedia terdiri dari berbagai macam topik

  • Pemrosesan dan pengkodean multimedia : analisis konten multimedia, pengambilan multimedia berbasis konten, keamanan multimedia, pemrosesan audio/gambar/video, kompresi, dll
  • Dukungan sistem multimedia dan jaringan : protokol, internet, sistem operasi, server dan klien, kualitas layanan (QoS) dan database.
  • Alat multimedia, sistem akhir dan aplikasi : sistem hypermedia, user interface, sistem pembuatan.
  • Interaksi dan integrasi multi-modal : perangkat web dimana saja “ubiquity”, Pendidikan multimedia termasuk pembelajaran kolaboratif yang didukung komputer, dan desain serta aplikasi lingkungan virtual

Contoh :

  • Multimedia Processing –> Application-Specific Multimedia Processor Architecture
  • Image Processing –> An efficient Algorithm and Architecture for Real-Time Perspective Image Warping
  • Multimedia Communication –> Rate Distortion Techniques in Image and Video Coding
  • Video Processing –> Combined Motion Estimation and Transform Coding in Compressed Domain.
  • Dan lain-lain

Referensi :

Multimedia: Making It Work Eighth Edition, Tay Vaughn 2011 Fundamentals of Multimedia, Second Edition, Ze-Nian Li, Mark S. Drew, Jiangchuan Liu
Multimedia Technologies: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications, Syed Mahbubur Rahman 2008
Multimedia Change the World 2014
Multimedia,Alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing by M.Suyanto Fundamental of Multimedia by Ze-Nian Li and Mark S. Drew
Multimedia making it work 8 edition by Tay Vaugh
Evolution of Multimedia